Sabtu, 26 Maret 2011

Koleksi Buatan PT.PINDAD

PT. PINDAD adalah Perusahaan Industri Manufaktur Indonesia yang bergerak dalam bidang Produk Militer dan Produk Komersial. Kegiatan PT. PINDAD mencakup desain dan pengembangan, rekayasa, perakitan dan fabrikan serta perawatan.

Berdiri pada tahun 1908 sebagai bengkel peralatan militer di Surabaya dengan nama Artillerie Constructie Winkel (ACW), bengkel ini berkembang menjadi sebuah pabrik dan sesudah mengalami perubahan nama pengelola menjadi Artillerie Inrichtingen (AI) kemudian dipindahkan lokasinya ke Bandung pada tahun 1923.

Pada tahun 1942, di masa penjajahan Jepang, namanya berganti menjadi Dai Ichi Kozo (DIK) dan pada tahun 1947 berganti nama menjadi Leger Productie Bedrijven (LPB).

Setelah kemerdekaan, Pemerintah Belanda pada tahun 1950 menyerahkan pabrik tersebut kepada Pemerintah Indonesia, dan pada tanggal 29 April 1950, yang selanjutnya diperingati sebagai hari jadi Perusahaan, pabrik tersebut diberi namaPabrik Senjata dan Mesiu (PSM) yang berlokasi di PT. PINDAD sekarang ini.

Pada tahun 1962 Pabrik Senjata dan Mesiu (PSM) berubah menjadi sebuah industri alat peralatan militer yang dikelola oleh Angkatan Darat, sehingga namanya menjadi Perindustrian Angkatan Darat (PINDAD).

PT. PINDAD berubah status menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan nama PT. PINDAD (Persero) pada tanggak 29 April 1983, kemudian pada tahun 1989 perusahaan ini berada dibawah pembinaan Badan Pengelola Industri Strategis (BPIS) yang kemudian pada tahun 1999 berubah menjadi PT. Prakarya Industri (Persero) dan kemudian berubah lagi namanya menjadi PT. Bahana Prakarya Industri Strategis (Persero).

Tahun 2002 PT. BPIS (Persero) dibubarkan oleh Pemerintah, dan sejak itu PT. PINDAD beralih status menjadi PT. PINDAD (Persero) yang langsung berada dibawah pembinaan Kementerian Negara BUMN (KN-BUMN)


Sudah cukup ya mengenai PT. Pindad. Nah, dibawah ini beberapa produk2 buatan PT. Pindad alias asli karya anak bangsa (full made in Indonesia coy!! :D)


Law Enforcement Personal Equipment



ANTI RIOT SHIELD
Tameng Transparan sangat efektif untuk perlindungan diri pada saat terjadi huru-hara ataupun demonstrasi.


Pistol (double action)



PISTOL P2 PINDAD
Keunggulan dalam bentuk yang kompak, berkemampuan dan daya tahan yang tinggi, menjadikan Pistol jenis ini sebagai preferensi dari berbagai kalangan pengguna. 






Munisi yang digunakan adalah cal. 9 x 19 mm


PISTOL P3 PINDAD



Pistol (double action)
Pistol double action buatan Pindad dirancang dengan bentuk yang ergonomic, menggunakan intercept notch dan hammer block yang memungkinkan akurasi tinggi dalam menembak. Menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi untuk menjamin ketepatan dan akurasi, kedua pistol tersebut dapat digunakan baik untuk single maupun double action. Dilengkapi asesoris alat bidik, red dot, laser sight dan tactical light. Tersedia 2 tipe yaitu tipe P2 dengan caliber 9 x 19 mm untuk militer dan tipe P3 dengan caliber 7,65 x 17 mm untuk penegak hukum dan perlindungan pribadi.

Senjata Jagawana



Beberapa Jenis PM2
Senjata Jagawana
Senjata khusus untuk polisi hutan, dibuat berdasarkan senjata PM1 yang disesuaikan dengan kebutuhan aparat penegak hukum di lingkungan kehutanan.

REVOLVER




Dua tipe Revolver
Revolver R1 memiliki silinder dengan kapasitas 6 peluru. Terbuat dari bahan baja paduan yang menjamin kehandalan, R1 dilengkapi dengan pengaman penembakan. Dapat ditembakan dengan single dan double action, serta mempunyai bentuk yang compact dan ringkas sehingga mudah bagi pengguna untuk membawanya seharihari. Tersedia dalam 2 tipe masing-masing dengan dengan panjang laras 2 " dan 4 ". 
Revolver ini sesuai untuk aparat penegak hukum yang memerlukan kehandalan, ketetapan, dan kekuatan. Ringkas, ringan, daya tahan dan ketepatan dari senjata ini menjadikannya ideal untuk digunakan untuk penegak hukum.

Produk khusus untuk penegak hukum



SAR-2
Senapan laras licin SAR-2 digunakan untuk menembakan munisi gas air mata maupun karet kaliber 38 mm. Produk khusus penegak hukum.


SHOTGUN Professional MAGNUM



SHOTGUN Professional MAGNUM
Senjata penegak hukum dengan kecepatan dan ketepatan tinggi

Senapan Mesin



SPM2-V1 Cal. 7.62 x 51 mm
Senapan mesin sedang SPM2-V1 dengan inovasi disain laras beratur mampu tahan hingga lebih 3575 tembakan tanpa dibersihkan, kehandalan bahan laras EN 26 dengan proses swaging dan bagian dalam dilapisi hard chroom membuat umur pakai lebih lama dari senjata sejenis lainnya. Dilengkapi tripod yang mampu memutar sebaran hingga 64 dan sebaran dalam +7,5 hingga -7,5 dibuat dengan konstruksi yang ringan, mudah dioprasikan. 
SPM2-V2 Cal. 7.62 x 51 mm
Senapan mesin ringan SPM2-V2 dengan inovasi disain laras beralur mampu tahan hingga lebih 3600 tembakan tanpa dibersihkan, kehandalan bahan laras EN 26 dengan proses swaging dan bagian dalam dilapisi hard chroom membuat umur pakai lebih lama dari senjata sejenis lainnya.

Pelontar Geranat



SPG1
SPG1 dirancang khusus dengan tampilan laras lebih pendek, sangat cocok untuk tugas tugas penyamaran. Senapan pelontar Geranat SPG1 kal. 40 mm dengan daya dobrak tinggi untuk sasaran area. rumah mekanik terbuat dari allumunium pilihan dengan proses machining mnjadikan senjata ringa. laras diproses Hard anodaizing untuk menambah kekuatan umur pakai. Cara bongkar pasang yang cukup mudah dan kami sediakan suku cadng dengan jaminan 5 tahun.





Sniper Rifle



Beberapa Jenis Senjata Sniper
Jenis SPR diatas di desain khusus untuk penembak runduk, dilengkapi dengan Bipod dan teleskop untuk penembakan yang akurat.


Sabhara Rifle



Sabhara Rifle
Keberhasilan rancang bangun dengan senjata senjata SS1 telah mendorong para perancang dan insyinyur kami untuk mengembangkan versi-versi senjata untuk fungsi penegakan hukum. Pengembangan ini terutama didasarkan pada persyaratan daya lumpuh yang tepat untuk tujuan-tujuan penegakan hukum. Produk ini tersedia dalam dua versi yaitu SABHARA/POLISI-V1 Dan SABHARA/POLISI-V2


SENAPAN SERBU MODEL 1 SS-1 Kal. 5,56 x 45 m



Beberapa Jenis Senapan Serbu (SS1)
SS1 adalah senapan serbu kaliber 5,56 x 45 mm dengan laras kisar 7? yang memiliki akurasi tinggi dan handal dengan menggunakan popor lipat sehingga flesibel untuk digunakan sesuai kebutuhan disegala medan. Senjata ini dapat dilengkapi dengan berbagai asesoris, antara lain silencer, telescope, sangkur, berbagai tipe pelontar granat, dan lain-lain. Senapan ini juga telah dikembangkan menjadi berbagai tipe sesuai dengan medan operasinya, yaitu tipe standar, marinized dan raider, baik untuk laras panjang, karaben maupun laras pendek. Tipe Marinized dikembangkan khusus untuk marine condition dan swap condition, sedangkan tipe raider dikembangkan untuk medan tempur khusus.


SS1 Marinized



Beberapa Jenis SS1 Versi Marinized
Dengan proses pelapisan khusus, menjadikan senjata SS1 marinize tahan terhadap air laut/ tidak mudah berkarat. senjata tetap berfungsi setelah terendam lumpur atau pasir, dengan sentuhan warna yang elegan , SS1 marinize tampak lebih jantan . tersedia dalam 3 Varian SS1-M1 Laras panjang popor lipat, SS1-M2 laras pendek popor lipat, dan SS1-M5 komando.


SS1-R5



SS1-R5 Raider
Senapan serbu SS1-R5, tampil lebih ramping dan ringan dengan akurasi tinggi. diperuntukan bagi pasukan khusus seperti penyergapan, penyusupan , kontak jarak dekat dengan medan hutan, gunung rawa, laut maupun perkotaan. SS1-R5 dapat dipasang sangkur dan berbagai jenis teleskop.


Senapan Serbu SS2



Beberapa Versi dari SS2
SS2 adalah senapan serbu generasi baru kaliber 5,56 x 45 mm dengan laras kisar 7?. Ringan, handal dan memiliki akurasi tinggi, dengan menggunakan popor lipat sehingga fleksibel untuk digunakan sesuai kebutuhan. Senjata ini dapat menggunakan mechanical maupun optical sight serta dapat pula dilengkapi dengan berbagai asesoris, antara lain silencer, sangkur, berbagai tipe pelontar granat, dan lain-lain. Senapan ini juga telah dikembangkan menjadi berbagai tipe laras panjang dan laras pendek, baik dengan menggunakan mechanical maupun optical sight, sesuai dengan kebutuhan operasinya. 


COMBAT VEHICLE



Special workshop ini melaksanakan repowering RANPUR dengan mesin-mesin baru dan power yang seimbang, serta re-conditioning dari bagian penting, antara lain: steering, hydraulic dan elektrikal system. 
FASILITAS

Workshop Special Function Vehicles dilengkapi dengan sarana : 


1. Computer design system dengan software-software mutakhir untuk penunjang pembuatan design, engineering maupun ergonomic dan styling serta analisis. 
2. Fasilitas manufactur antara lain flame cutting, roll, bending,TIG-WIG Welding serta CNC machines tools. 
3. Fasilitas assembling terdiri dari Crane, jig and fixture, tools serta rotary lift.


KENDARAAN TAKTIS ARMOURED PERSONAL CARRIER



RANTIS APC
Rantis APC dirancang untung peningkatan prformansi kemampuan tempur prajurit infantri dalam rangka mengejar dan mendekat pada sasaran musuh, hal ini dikenal dalam konsep Mechanized Infsantry. 
Panser beroda empat (Four wheeled drive) jenis APC berkapasitas 109 + 3 personil ini mempunyai power ratio25 HP/ton dengan menggunakan mesin diesel 4 silinder. kendaraan ini terbuat dari plat armor yang tahan terhadap tembakan. Untuk menjamin keamanan pasukan, kendaraan ini dilengkapi dengan sistem pendingin ruangan serta 'Safety Equipment'. Panser ini juga menggunakan turet yang dapat berputar 360 derajat dan mounting multiguna yang dapat dipasangkan dengan senjata AGL 40 mm, SMB 12,7 mm dan SMS 7,62 mm, yang dilengkapi dengan peluncur granat perisai (asap) yang dapat juga diisi dengan granat tajam.


Water canon M1W-40




o Rancangan dasar : Kendaraan Niaga Heavy Duty 

o Kapasitas : 4000 liter
o Tekanan : 16 bar
o Perlengkapan : - Kamera & V 
- Joy stick pengatur arah penyemprot 
- Penyemprot gas air mata 
- Air Conditioning 
- Option lain sesuai permintaan pelanggan 

FASILITAS

Workshop Special Function Vehicles dilengkapi dengan sarana: 

1. Computer design system dengan software-software mutakhir untuk penunjang pembuatan design, engineering maupun ergonomic dan styling serta analisis.
2. Fasilitas manufactur antara lain flame cutting, roll, bending,TIG-WIG Welding serta CNC machines tools. 
3. Fasilitas assembling terdiri dari Crane, jig and fixture, tools serta rotary lift. 


Panser 6x6 Pindad



Kendaraan tempur pengangkut personil (APC : Armoured personal carrier) dengan sistem penggerak 6 roda simetris, dirancang khusus untuk kebutuhan ALUTSISTA TNI-AD khususnya satuan kavaleri Dirancang dan di produksi oleh anak bangsa khusus untuk TNI, Ukuran dan operasional di sesuaikan dengan bentuk tubuh TNI dan doktrin dan taktik tempur TNI sebagai komitmen pindad dalam pemenuhan seluruh alutsista TNI Panser ini dapat mengangkut 10 personil dengan 3 orang kru, 1 driver 1 commander dan 1 gunner. dilengkapi dengan mounting senjata 12,7 mm yang dapat berputar 360 derajat





Kendaraan RPP-M







Riot CONTROL



Produk Anti Huru-hara lainnya Tersedia juga produk PHH seperti ga air mata dan munisi karet kaliber 38 mm untuk senapan laras licin (SAR) dan kaliber 1" untuk pistol isyarat (PI)




BOMB BT-250



Berbagai jenis bom diproduksi PT.PINDAD mulai dari berat 12,5 s/d 250 kg dengan berbagai sesuai dengan kebutuhan baik latihan maupun operasi. BT-250 dengan isian Tritonal 90 kg mempunyai daya ledak dan hancur yang besar dilengkapi dengan fuze pada ekor dan hidung bom serta arming distance yang dapat diatur sesuai ketinggian pengeboman sehingga selalu berfungsi pada segala jenis medan. disamping itu mempunyai sistem pengaman bertingkat mulai dari penyimpanan, pengangkutan dan pengoperasian.


Tambahan neh, produk2 di atas ga cuma dipake sama TNI-POLRI aja loh... tapi juga dipake banyak negara2 lain alias di-ekspor. Kebanyakan di-ekspor ke negara2 ASEAN dan Afrika. tapi ada juga yang di-ekspor ke eropa dan amerika.
Nah, kalo negara lain aja mengakui dan suka sama produk Indonesia, kenapa kita ga??

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar